Dampak terjadinya obesitas sentral

Dampak psikologis dari obesitas yaitu gangguan emosi berupa persepsi diri yang negatif, gangguan rasa tidak nyaman dalam pergaulan sosial. Diakses tanggal 26 Agustus Widman, F.

Ho ditolak jika: Diakses tanggal 20 Agustus Dadi, H. Lemak yang menumpuk lama kelamaan akan mengaktifkan salah satu enzim, yaitu lipoprotein lipase yang meningkatkan konsentrasi asam lemak bebas dalam darah.

Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Tanda-tanda sindroma metabolik antara lain obesitas tipe sentral disertai dengan peningkatan tekanan darah, peningkatan kadar gula darah, peningkatan kadar trigliserida serta penurunan kadar kolesterol baik kolesterol- LDL. Pemberian diet cara ini mempunyai efek samping yaitu: Penyakit ginjal kronik Penyakit kanker: Mengendalikan kebiasaan ngemil dan makan bukan karena lapar tetapi karena ingin menikmati makanan dan meningkatkan aktifitas fisik pada kegiatan sehari-hari.

Pengaruhnya sendiri sebenarnya belum jelas, tetapi memang ada bukti yang mendukung fakta bahwa keturunan merupakan faktor penguat terjadinya kegemukan. Acanthosis nigricans menunjukkan beratnya resistensi insulin dan akan berkurang dengan penurunan berat badan.

Konsentrasi tinggi asam lemak bebas menstimulasi pelepasan sitokin seperti TNF-a tumor necrosis factor-alpha yang memicu resistensi insulin sehingga kadar glukosa darah meningkat.

Pola makan dan gaya hidup menurutnya menjadi salah satu faktor penyebab obesitas sentral. Glukosa darah secara normal diatur oleh proses metabolisme di hati dan pengaruh hormonal. Terdapat sejumlah besar gen pada manusia yang diyakini mempengaruhi berat badan dan adipositas. Sementara air putih membantu melarutkan lemak dalam tubuh.

Mengurangi lemak akan mengurangi asupan kalori dan memperbanyak turunnya BB. Faktor makanan Seseorang mengkonsumsi makanan dengan kandungan energi sesuai yang dibutuhkan tubuh, maka tidak ada energi yang disimpan.

Neuropeptida utama yang meningkatkan nafsu makan adalah neuropeptida Y. Dari jaringan lemak putih White Adipose Tissue terjadi pelepasan leptin dan resistin yang menurunkan nafsu makan. Pemakaian obat-obatan Efek samping beberapa obat dapat menyebabkan meningkatnya berat badan, misalnya steroid dan beberapa anti-depresi Dadi, H.

Untuk mengukur kadar glukosa darah, contoh darah biasanya diambil setelah berpuasa selama 8 jam atau bisa juga diambil setelah makan Tandra,H. Dadi, H.

Obesitas Sentral Sangat Beresiko oleh dr. Yushila Meyrina, M.Si, Sp.GK

Gangguan fungsi pernafasan yang terjadi pada obesitas meliputi: Masalah psikopatologi yang paling umum didapatkan adalah cemas, ganggguan makan, dan somatoform. Daerah kritis: Menurut Siswono. Pembedahan berupa pemendekan usus dan penyempitan lambung hanya ditujukan bagi penderita obesitas morbid atau obesitas berat yang terancam kematian.

Hal ini karena anak obesitas sering menjadi korban bahan olok-olokan teman main dan teman sekolah. Metode ini sangat sederhana, namun cukup akurat untuk mengetahui tingkat obesitas dan bahaya kesehatan yang ditimbulkan daripada metode berdasarkan IMT Semiardji, D. Sebaliknya rasio yang ditemukan kurang dari 0,8 pada wanita dan 0,9 pada pria bentuk tubuh individu tersebut sebagai obesitas perifer.

Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa ada 39,3 hari kerja yang hilang pertahunnya akibat penyakit terkait dengan kegemukan.Tipe obesitas ini umumnya di derita oleh laki-laki.

Pada obesitas tipe ini, lemak banyak disimpan dibawah kulit dibanding perutdan di rongga perut. Akhirnya perut menjadi gemuk/buncit dan penderita mempunyai bentuk tubuh seperti buah apel (apple type). Karena lemak banyak berkumpul di rongga perut, obesitas ini disebut juga dengan obesitas sentral.

Obesitas adalah menumpuknya lemak dalam tubuh secara berlebihan. Obesitas pada remaja dua kali lebih sering terjadi dibanding orang dewasa sejak 30 tahun yang lalu.

Meskipun umumnya komplikasi obesitas terjadi pada usia dewasa, namun remaja yang kegemukan lebih memungkinkan terkena tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2 dibanding remaja lainnya. Huriatul Masdar, dkk: Depresi, ansietas, dan stres serta hubungannya dengan obesitas pada remaja serta tidak terdapat hubungan antara ansietas dengan status gizi responden (p=0,).

Dampak psikologis dari obesitas yaitu gangguan emosi berupa persepsi diri yang negatif, gangguan rasa tidak nyaman dalam pergaulan sosial.

Komplikasi obesitas

Pada bab ini, penulis ingin menyimpulkan bahwa kegemukan merupakan awal ‘petaka’ bagi timbulnya berbagai penyakit multipel di waktu yang akan datang. e. mekanisme terjadinya obesitas Obesitas terjadi karena energi intake lebih besar dari energi expenditure.

Apapun penyebabnya, yang menjadikan seseorang obesitas pada dasarnya adalah energi intake atau masukan yang didapat dari makanan atau lainnya lebih besar dibandingkan energi expenditure atau energi yang dikeluarkan.

Patofisiologi dan Diagnosis Obesitas Alwi Shahab Bagian Penyakit Dalam FK Unsri/RSMH Palembang I. Pendahuluan Obesitas didefinisikan sebagai suatu keadaan ketidakseimbangan antara asupan dan pengeluaran kalori sehingga menyebabkan kelebihan akumulasi lemak didalam tubuh.

Dampak terjadinya obesitas sentral
Rated 0/5 based on 72 review