Contoh soal nilai kuartil data kelompok berat badan

Tentukan Rataan, Median, Modusdan Kuartil data: Tabel distribusi frekuensi tunggal merupakan cara untuk menyusun data yang relatif sedikit. Tentukan ragam dan simpangan baku dari data berikut: Untuk jelasnya, pelajarilah Contoh berikut ini.

Jangkauan Jangkauan Range adalah selisih antara nilai maksimum dan nilai minimum yang terdapat dalam data.

Rumus Simpangan Baku

Kuartil adalah nilai yang membagi data menjadi 4 bagian sama banyak. Agar diperoleh hasil yang berlaku secara umum maka dalam pengambilan sampel, diusahakan agar sampel dapat mewakili populasi. Skor Frekuensi 1 4 8 14 10 3 Diunduh dari: Hal yang diukur adalah seberapa jauh data tersebar di sekitar nilai rataannya.

Nilai mean dapat ditentukan dengan cara membagi jumlah data dengan banyaknya data. Q1 adalah median dari kelompok data di bawah Q2, yaitu data: Persentil Data Tunggal: Sehingga data menjadi: Apabila data di atas data diambil dari contoh pada diagram batang dan diagram garis dinyatakan dalam diagram lingkaran akan tampak seperti gambar di bawah ini: Untuk membuat diagram lingkaran, terlebih dahulu ditentukan besarnya persentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut pusat sektor lingkaran.

Pengertian dan Rumus Menghitung Median beserta Contoh Soal Median Data Tunggal dan Data Berkelompok

Distribusi Normal diterapkan dalam berbagai permasalahan. Perhatikan tabel berikut. Tentukan nilai desil ke-2 dari data berikut: Rata-rata umur Guru dan Dokter adalah 40 tahun. Pada suatu model data sederhana, masing-masing nilai pengamatan dapat dipilah menjadi rataan mean dan simpangannya deviation.

Sgp,grf47 Jawab: Histogram di bawah menunjukkan data nilai ulangan Matematika sejumlah siswa. Nilai rataan ulangan harian matematika dari 36 siswa adalah 6,3. Distribusi Frekuensi Tunggal Data tunggal seringkali dinyatakan dalam bentuk daftar bilangan, namun kadangkala dinyatakan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.

Diperoleh tabel distribusi frekuensi, sbb: Hasil pendataan usia, dari 12 anak balita dalam tahun diketahui sebagai berikut:Bentuk data adalah sebagai berikut: Data kuantitatif, yaitu data yang berupa angka dan diperoleh dari hasil pengukuran.

Contoh: Umur siswa kelas X SMA, berat badan siswa kelas X SMA, dan lain-lain. Data kualiatatif, yaitu data. Berikut beberapa langkah untuk mencari median suatu data kelompok: Hitung jumlah frekuensi dan misalkan sama dengan n Tentukan nilai dari ½n untuk mengetahui kelas median Hitung median menggunakan rumus median.

Dari. nilai rata-rata data kelompok 1, kelompok 2, kelompok 3 dst SOAL PENYELESAIAN 1. EBTANAS Siswa suatu kelas terdiri dari tiga kelompok penyumbang korban bencana banjir. Kelompok I, II, dan III masing a.

Soal UN dan Pembahasan tentang Statistika

Perhatikan data berat badan dalam tabel berikut ini. Berat Badan (kg) Frekuensi 40–4 4 4 5 – 49 5 0 –5 4 5 5 – 59 6 0 –6 4 65 – 69 7 10 13 12 7 3 Tentukan kuartil bawah dan kuartil atas data di atas.

Author: TIM. Misalkan, hasil pengukuran berat badan 5 murid adalah 43 kg, 46 kg, 44 kg, 55 kg, dan 60 kg. Adapun tingkat kesehatan dari kelima murid itu adalah baik, baik, baik, buruk, dan buruk.

Data pengukuran berat badan, yaitu 43 kg. Median yaitu nilai tengah dari suatu data berkelompok. Untuk menghitungnya gunakan rumus: UKURAN LETAK DATA BERKELOMPOK 1.

Kuartil (Q) Rumus yang biasa digunakan untuk mengitung kuartil data berkelompok.

Contoh soal nilai kuartil data kelompok berat badan
Rated 4/5 based on 87 review